blt-dana-desa-300-ribu
Ruang Desa

Syarat Penerima BLT Dana Desa Tahun 2021

Selamat pagi Sobat Desa, pada kesempatan ini kita akan membahas Syarat Penerima BLT Dana Desa Tahun 2021 yang merupakan salah satu isi dari PMK nomor 222 tentang pengelolaan Dana Desa.

PMK nomor 222 tentang pengelolaan Dana Desa selengkapnya bisa Sobat Desa baca di LINK INI

Pada BAB VIII tentang Penggunaan khususnya pasal 38 ayat (1) disebutkan bahwa Dana Desa diprioritaskan penggunaannya untuk pemulihan ekonomi dan pengembangan sektor prioritas di Desa.

Pemulihan ekonomi yang dimaksud adalah berupa jaring pengaman sosial, Padat Karya Tunai, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah, sektor usaha pertanian, dan pengembangan potensi Desa melalui Badan Usaha Milik Desa.

Jaring pengaman sosial yang dimaksud adalah berupa BLT Desa yang merupakan prioritas utama dalam penggunaan Dana Desa dalam rangka menanggulangi dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). 

Terkait kewajiban Pemerintah Desa untuk mengganggarkan BLT Desa, dijelaskan pada pasal 39 ayat (1) yang berbunyi “Pemerintah Desa wajib menganggarkan dan melaksanakan BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 38 ayat (4)”

Selanjutnya, apa saja syarat untuk Penerima BLT Dana Desa Tahun 2021?, mari kita bahas dengan memperhatikan pasal 39 ayat 2 yang menyebutkan bahwa BLT Desa diberikan kepada keluarga penerima manfaat yang paling sedikit memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili  di Desa bersangkutan, dan
  • tidak termasuk penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Sosial Tunai, dan program bantuan sosial Pemerintah lainnya.

Itu dia Syarat Penerima BLT Dana Desa Tahun 2021, sangat jelas bahwa BLT Dana Desa diberikan kepada keluarga miskin, bukan dibagi rata kepada semua penduduk tanpa memperhatikan status keluarga apakah miskin atau tidak.

Baca Juga :   Kriteria Calon Penerima BLT Dana Desa Yang Harus Dipenuhi, Agar Bisa Mendapatkan BLT

Selanjutnya, tidak semua keluarga miskin yang diberikan BLT Desa, karena penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Sosial Tunai, dan program bantuan sosial Pemerintah lainnya juga dilarang untuk diberikan BLT dari Dana Desa.

Demikian Jika bermanfaat silahkan dishare. Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

 

2 Replies to “Syarat Penerima BLT Dana Desa Tahun 2021

  1. Dimana bisa diakses nama2 penerima Kartu Prakerja, dan program bantuan sosial Pemerintah lainnya.
    Di kabupaten Bireuen yang baru jelas BST, PKH sedang dalam Validasi dan sementara Sembako belum ada kabar.
    Sementara desa diminta untuk segera menetapkan nama2 penerima BLT.

    1. sementara ini kami belum mendapatkan data yang bisa diakses untuk nama-nama penerima kartu prakerja dan bansos lainnya, Pak Murizal bisa meminta saran Pendamping Desa untuk permasalahan yang bapak hadapi, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *