Sebelum Ada SDGs Desa, Gus Halim Ternyata Sempat Kebingungan
News

Sebelum Ada SDGs Desa, Gus Halim Ternyata Sempat Kebingungan

Sebelum Ada SDGs Desa, Gus Halim Ternyata Sempat Kebingungan, hal itu terungkap ketika Menteri Desa tersebut  menghadiri rangkaian harlah PWNU Jawa Timur pada Sabtu 26 Maret yang lalu.

“Saya waktu awal jadi menteri itu bingung. Bingung itu ketika saya tanya kepala desa. Pak Kades, desa ini mau sampean bawa ke mana? Tanya 10 desa itu jawabannya 10 macam,” kata pria yang akrab disapa Gus Halim dalam acara MilleNUal Summit yang merupakan rangkaian harlah PWNU Jawa Timur pada Sabtu (26/3/2022).

Jawaban 10 Kades itu dinilainya sangat konseptual dan tidak konkrit menyentuh persoalan desa. Belum lagi saat bertanya kepada warga desa. Mereka juga memberikan jawaban bahwa mereka juga tidak tahu menahu terkait perencanaan pembangunan desa.

Dari persoalan itulah, Ia kemudian mencoba merumuskan arah kebijakan pembangunan desa agar semua orang tahu desa tersebut mau dibawa ke mana dan betul-betul di bangun atas dasar kebutuhan bukan keinginan.

Oleh karena itu, ia kemudian mengambil arah kebijakan pembangunan global yang dirumuskan PBB dengan 193 negara, yang disebut SDGs.

SDGs global tersebut kemudian diturunkan ke Perpres 59 Tahun 2017 dengan judul percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Saya landingkan lagi ke desa. Jadi dari PBB, ke Indonesia, saya turunkan lagi ke desa,” ujarnya.

Demikian kabar terkait ” Sebelum Ada SDGs Desa, Gus Halim Ternyata Sempat Kebingungan ” jika bermanfaat silahkan dishare.

Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

Leave a Reply

Your email address will not be published.