Penyalahgunaan Dana Desa, Ayo Segera Laporkan
Ruang Desa

Penyalahgunaan Dana Desa, Ayo Segera Laporkan

Penyalahgunaan Dana Desa, Ayo Segera Laporkan. Semenjak Dana Desa dikucurkan pemerintah, tidak sedikit kasus penyelewengan Dana Desa dilakukan oleh oknum-oknum di Desa yang tidak bertanggungjawab, sebagian dari kasus tersebut sudah ditangani aparatur hukum, bahkan menurut data ICW yang dikutip dari tempo.co, selama tiga tahun terakhir jumlah kasus korupsi Dana Desa meningkat tajam. Pada 2016-2017 sebanyak 110 Kepala Desa menjadi tersangka, yang sangat mengejutkan di 2018 sekitar 102 orang menjadi tersangka korupsi.

Penyalahgunaan Dana Desa, Ayo Segera Laporkan

Kita sebagai penggiat desa tentunya merasa sedih dengan data ini, memangsih mengingat banyaknya desa jumlah tersebut tergolong kecil, tetapi jika kita melihat persentase jumlah kenaikan kasus korupsi Dana Desa pertahun hal ini tidak bisa kita anggap sepele, bayangkan saja, masih menurut ICW jabatan Kepala Desa sekarang masuk dalam lima besar pelaku korupsi di Indonesia, selain Kepala Desa, ada PNS, Legislatif, Kepala Daerah, dan swasta.

Untuk menekan angka korupsi di Desa, keterlibatan masyarakat untuk mengawasi Dana Desa sangat diharapkan, keterbukaan informasi bisa menjadi salah satu tolak ukur tranparansi pengelolaan Dana Desa.

Selama ini, banyak masyarakat yang ingin mengawasi Dana Desa tetapi kesulitan untuk membuat pengaduan karena kurangnya informasi dan pengetahuan terkait aturan Dana Desa itu sendiri, untuk itu, media desa akan membagikan informasi terkait Pengaduan Penyalahgunaan Dana Desa, Ayo Segera Laporkan jika data-data terkait penyalahgunaan sudah valid dan lengkap, agar informasinya bisa segera diolah dan di proses.

Untuk pengaduan online, sobat desa bisa mengunjungi http://sipemandu.kemendesa.go.id/, caranya sangat mudah, sobat desa hanya perlu mengisi form pengaduan dan mengirimkan langsung formulir di website tersebut, data kemudian akan diolah dan diproses jika informasi yang disampaikan sudah valid dan lengkap. Sebaiknya sobat desa menyiapkan file pendukung (jpeg,jpg,png,pdf,docx,doc,xlsx,xls,pptx,ppt,mp3,mp4) untuk diupload dalam formulir pengaduan.

Selain pengaduan online, sobat desa juga bisa menghubungi langsung ke nomor telepon yang sudah disediakan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi yaitu ke nomor 1500040

Bukan hanya via online dan telpon, bahkan KemendesaPDTT sudah menyiapkan nomor yang bisa sobat manfaatkan untuk mengirim sms pengaduan, yaitu ke nomor berikut : 0812 8899 0040 dan 0877 8899 0040

Like Media Desa untuk mendapatkan artikel menarik lainnya

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

Terimakasih sudah membaca artikel ini, silahkan di share jika bermanfaat

salam berdesa……………..

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *