Penjelasan Tentang Hak Kepala Desa
Ruang Desa

Penjelasan Tentang Hak Kepala Desa

Penjelasan tentang hak Kepala Desa akan kita paparkan pada kesempatan kali ini, sebelumnya kita sudah membahas Penjelasan Tentang Wewenang Kepala Desa, silahkan sobat desa dibaca dulu bagi yang belum membancanya.

Penjelasan Tentang Hak Kepala Desa

Dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan Pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa, dan pemberdayaan masyarakat Desa, Kepala Desa berhak:

1. mengusulkan struktur organisasi dan tata kerja Pemerintah Desa

Hak Kepala Desa yang pertama yaitu mengusulkan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) Pemerintah Desa, untuk mengusulkan sotk ini, Kepala Desa diharuskan berpedoman kepada regulasi yang telah dikeluarkan pemerintah yaitu Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa.

2. Mengajukan rancangan dan menetapkan Peraturan Desa

Peraturan Desa adalah peraturan perundang undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah dibahas dan disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa.

Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, pungutan, tata ruang, dan organisasi Pemerintah Desa harus mendapatkan evaluasi dari Bupati/Walikota sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Desa.

Kepala Desa behak mengajukan rancangan dan menetapkan Peraturan Desa.

3. menerima penghasilan tetap setiap bulan, tunjangan, dan penerimaan lainnya yang sah, serta mendapat jaminan kesehatan

Kepala Desa berhak menerima penghasilan tetap setiap bulan, yang terbaru, menurut PP nomor 11 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, penghasilan tetap kepata Desa paling sedikit Rp. 2.426.640 atau setara 120% dari gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan II/a, besaran ini belum termasuk tunjangan, dan penerimaan lainnya yang sah, serta mendapat jaminan kesehatan.

4. Mendapatkan pelindungan hukum atas kebijakan yang dilaksanakan

Kepala Desa mendapatkan perlindungan hukum atas kebijakan yang dilaksanakan, ini tidak berarti Kepala Desa kebal Hukum, kasus pidana seperti korupsi dan pidana lain tetap akan diproses secara hukum.

5. memberikan mandat pelaksanaan tugas dan kewajiban lainnya kepada perangkat Desa

Hak Kepala Desa yang terakhir yaitu memberikan mandat pelaksanaan tugas dan kewajiban lainnya kepada perangkat Desa. Sebagaimana kita ketahui, Kepala Desa dibantu oleh perangkat Desa yang terdiri atas Sekretariat Desa, Pelaksana Kewilayahan, dan Pelaksana Teknis.

 

sekian artikel kali ini tentang Penjelasan Tentang Hak Kepala Desa, silahkan di share jika bermanfaat

Like Media Desa untuk mendapatkan artikel menarik lainnya

Artikel ini dirangkum dari :

UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *