Kapan Dana Desa dan BLT Desa Cair
Ruang Desa

Pengawasan Dana Desa Oleh Camat

Pengawasan Dana Desa Oleh Camat akan kita bahas pada artikel kali ini, silahkan disimak sampai selesai.

Bupati/Wali Kota melakukan pengawasan pengelolaan Keuangan Desa di wilayah daerah kabupaten/kota yang dilaksanakan oleh APIP daerah kabupaten/kota dan camat.

Camat melaksanakan Pengawasan terhadap Pengelolaan Keuangan Desa dan pendayagunaan aset Desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa Desa dan pendayagunaan aset Desa sebagaimana dimaksud diatas dilakukan dalam bentuk :

  • evaluasi rancangan peraturan Desa terkait dengan APB Desa.
  • evaluasi Pengelolaan Keuangan Desa dan aset Desa, dan
  • evaluasi dokumen laporan pertanggungjawaban APB Desa.

Evaluasi sebagaimana dimaksud diatas dilakukan terhadap kesesuaian dokumen dengan norma dan prosedur Pengelolaan Keuangan Desa.

Hasil Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa oleh camat sebagaimana dimaksud disampaikan kepada bupati/walikota dan ditembuskan kepada APIP daerah kabupaten/kota.

Hasil Pengawasan pengelolaan keuangan desa oleh camat menjadi bahan bagi APIP daerah kabupaten/kota untuk menentukan ruang lingkup Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa.

Selain pengawasan oleh camat, pengawasan dana desa juga dilakukan oleh BPD, sebagaimana diberitakan sebelumnya, Badan Permusyawaratan Desa atau yang biasa kita sebut BPD melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala Desa dalam pengelolaan keuangan Desa, jadi kepala Desa jangan baper ya jika BPD melakukan pengawasan, karena itu amanah undang-undang, hehehe

BPD melakukan pengawasan melalui :

  • perencanaan kegiatan dan anggaran Pemerintah Desa;
  • pelaksanaan kegiatan;
  • laporan pelaksanaan APB Desa; dan
  • capaian pelaksanaan RPJM Desa, RKP Desa, dan APB Desa.

Uraian langkah kerja pengawasan pengelolaan keuangan desa tercantum dalam lampiran Permendagri 73 Tahun 2020 tentang Pengawasan Pengelolaan Dana Desa, untuk SobatDesa yang dipercaya sebagai BPD silahkan dibaca lampirannya KLIK DISINI

Demikian pembahasan terkait Pengawasan Dana Desa Oleh Camat, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *