pendaftaran pendamping desa
Kabar Desa

Mendes PDTT Moratorium Pendaftaran Pendamping Desa

Mendes PDTT Moratorium Pendaftaran Pendamping Desa, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan menghentikan sementara perekrutan Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) atau yang biasa lebih dikenal dengan Pendamping Desa.

Ada berbagai posisi yang selama ini diisi oleh TPPI yaitu Tenaga Ahli (TA) yang bertugas di Kabupaten, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan  Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) di Kecamatan, dan Pendamping Lokal Desa (PLD) yang bertugas langsung mendampingi di desa.

Setiap 10 desa dalam kecamatan biasanya diisi oleh 1 orang PDP, jadi jika kecamatan berjumlah 20 desa maka akan diisi oleh 2 PDP, 30 oleh 3 PDP dan begitu seterusnya, sedangkan untuk PDTI masing-masing kecamatan diisi oleh satu orang PDTI tanpa memperhatikan jumlah Desa.

Pendamping Lokal Desa (PLD) biasanya mendampingi 4 (empat) desa, meskipun begitu ada juga PLD yang mendampingi 3 Desa dikarenakan dalam satu kecamatan pembagian desa tidak habis dibagi 4, sebagai contoh dalam satu kecamatan terdapat 42 desa, PLD yang direkrut berjumlah 11 orang, 9 orang mendampingi 4 desa dan 2 orang PLD mendampingi 3 desa.

Dalam rapat bersama komisi V DPR Senin (18/1), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri menegaskan bahwa tidak ada rekrutmen untuk pendamping desa karena sedang konsolidasi untuk peningkatan kapasitas.

“Pendamping desa, kami tidak membuka rekrutmen karena kami lagi konsolidasi untuk peningkatan kapasitas dan manajemen agar dana yang dikeluarkan betul-betul berdampak positif bagi pemanfaatan dan penggunaan di 74.953 desa,” kata Gus Menteri.

Bagaimana dengan kekosongon pendamping yang mengundurkan diri? menurut Halim, peningkatan kapasitas masih jauh lebih penting dibandingkan dengan mengisi kekosongan atau bahkan menambah personel.

“Karena itu, ketika ada saran untuk menurunkan jumlah rasio antara pendamping dan jumlah desa, yang didampingi sampai hari ini kami belum melakukan penambahan karena fokus kami adalah peningkatan kapasitas,” imbuhnya.

Selain peningkatan kapasitas, hal lain yang sedang dipikirkan oleh Kementerian Desa terhadap pendamping desa adalah terkait penambahan gaji, gaji yang diterima pendamping selama ini dianggap masih belum sebanding dengan tugas yang diemban.

“Terkait dengan gaji yang tadi disinggung tentu nanti secara normatif akan kita laporkan,” tuturnya.

Demikian kabar tentang Mendes PDTT Moratorium Pendaftaran Pendamping Desa jika bermanfaat silahkan dishare.

Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

One Reply to “Mendes PDTT Moratorium Pendaftaran Pendamping Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *