Kapan Dana Desa dan BLT Desa Cair
Ruang Desa

Kapan Dana Desa dan BLT Desa Mulai Cair ?

Banyak diantara pegiat desa yang menanyakan Kapan Dana Desa dan BLT Desa Mulai Cair ? tentu saja pertanyaan ini untuk menjawab penasaran masyarakat yang ditanyakan langsung kepada para pegiat desa yang selalu hadir di tengah warga desa.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita baca kembali PMK 222 tahun 2020 tentang pengelolaan Dana Desa untuk melihat regulasi yang salah satunya mengatur tahapan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk pengajuan Dana Desa.

Pada pasal 23 ayat (4) disebutkan bahwa penyaluran Dana Desa dilakukan dalam 3 tahap, dengan ketentuan :

a. Tahap I sebesar 40% dari pagu Dana Desa setiap Desa, dengan rincian:

  • 40% dari pagu Dana Desa setiap Desa dikurangi kebutuhan Dana Desa untuk BLT Desa bulan kesatu sampai dengan bulan kelima paling cepat bulan Januari; dan
  • Kebutuhan Dana Desa untuk BLT Desa bulan kesatu sampai dengan bulan kelima paling cepat bulan Januari untuk bulan kesatu dan paling cepat masing-masing bulan berkenaan untuk bulan kedua sampai dengan bulan kelima.

Selanjutnya, mari kita lihat dokumen apa saja yang harus dipersiapkan oleh bupati/walikota dan Kepala Desa untuk memenuhi persyaratan penyaluran.

Kepala Desa menyampaikan dokumen persyaratan penyaluran kepada bupati/walikota secara lengkap dan benar dengan ketentuan tahap I berupa peraturan Desa mengenai APBDes.

Untuk penyusunan APBDes sendiri Desa harus menunggu keluarnya Peraturan bupati/walikota mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap Desa untuk mengetahui pagu Dana Desa yang akan dituangkan dalam APBDes.

Pada pasal 24 ayat (1) disebutkan bahwa Penyaluran Dana Desa dilaksnakan setelah KPA Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Desa menerima dokumen persyaratan penyaluran dari bupati/walikota secara lengkap dan benar dengan ketentuan:

Baca Juga :   Katanya Cair Januari, Apakabar Dana Desa 2020 di Desamu?

a. tahap I sebesar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (4) huruf a angka 1 berupa :

  • Peraturan bupati/walikota mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap Desa
  • Peraturan Desa mengenai APBDes, dan
  • Surat kuasa pemindahbukuan Dana Desa

Kesimpulan :

Dana Desa akan cair di bulan Januari jika semua dokumen penyaluran telah diterima oleh KPA Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Desa  secara lengkap dan benar, baik itu dokumen yang disiapkan bupati/walikota maupun oleh kepala desa itu sendiri.

Untuk lebih jelas terkait Kapan Dana Desa dan BLT Desa Mulai Cair ?, SobatDesa bisa membaca PMK Nomor 222 Tentang Pengelolaan Dana Desa di LINK INI

Demikian pembahasan mengenai Syarat Penyaluran Dana Desa 2021, semoga bermanfaan untuk kita semua.

Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.
Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

One Reply to “Kapan Dana Desa dan BLT Desa Mulai Cair ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *