Regulasi

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020. Dana Desa 2020 diharapkan cair Januari, hal ini diungkapkan Presiden Jokowi melaui akun twitternya beberapa waktu yang lalu. Dana Desa di tahun 2020 juga meningkat menjadi 72 triliun, bertambah 2 triliun dari tahun 2019 yang berjumlah 70 triliun. Salah satu syarat pencairan dana desa 2020 yaitu dikeluarkannya perbup mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa.

Bagaimana proses penyaluran Dana Desa dari RKUN ke RKUD ?, dan bagaimana proses pemindahbukuan yang dilakukan dari RKUD ke RKD?

Penyaluran Dana Desa tahap I dicairkan paling cepat bulan Januari dan paling lambat minggu ketiga bulan Juni, dana yang disalurkan pada tahap ini adalah sebesar 20% (dua puluh persen)

Kabupaten/Kota yang memiliki predikat kinerja baik dalam penyaluran Dana Desa tahun anggaran sebelumnya, tahap I dan tahap II dicairkan secara bersamaan paling cepat bulan Januari dan paling lambat minggu keempat bulan Juni yaitu sebesar 20% (dua puluh persen) dan 40% (empat puluh persen).

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020

Untuk Penyaluran Dana Desa Tahap I (satu) dari RKUN ke RKUD dilaksanakan setelah Kepala KPPN selaku KPA Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa menerima dokumen yang dipersyaratkan untuk penyaluran, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Surat pemberitahuan bahwa Pemerintah Daerah yang bersangkutan telah menyampaikan Peraturan Daerah mengenai APBD tahun anggaran berjalan
  • Peraturan bupati/wali kota mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap Desa.

Penyaluran dari RKUD ke RKD

Penyaluran Dana Desa  Tahap I (satu) dari RKUD ke RKD dilaksanakan setelah bupati/ wali kota menerima dokumen persyaratan penyaluran dari Kepala Desa, dengan ketentuan bawa desa telah mengeluarkan Peraturan Desa mengenai APBDesa.

Baca Juga :   Permendagri Nomor 83 Tahun 2015

Desa tidak bisa menyusun APBDesa jika Peraturan bupati/wali kota mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa belum ditetapkan, ini terjadi karena dalam struktur pendapatan dalam APBDesa terdapat dana transfer yang jumlah alokasinya baru diketahui setelah Bupati/Walikota mengeluarkan Perbup/Perwal.

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020 untuk mengetahui pagu Dana Desa Kabupaten Bireuen 2020.

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020

Terlambatnya Pencairan Dana Desa

Dana Desa 2020 bisa dipastikan tidak bisa dicairkan di bulan Januari jika

  • Kabupaten/Kota terlambat memproses Penyaluran dari RKUN ke RKUD,
  • Kabupaten/Kota terlambat menyampaikan Peraturan Daerah mengenai APBD tahun anggaran berjalan
  • Kabupaten/Kota terlambat menetapkan Perbup/Perwal mengenai tata cara pembagian dan penetapan rincian Dana Desa setiap Desa.

Download Perbup Kabupaten Bireuen 2020 untuk mengetahui pagu Dana Desa Kabupaten Bireuen 2020.

Desa masih sangat bergantung kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dalam hal penyaluran Dana Desa, karena Dana Desa tidak langsung ditransfer dari RKUN ke RKD. Jika Pemerintah Pusat ingin Dana Desa bisa segera cair Januari 2020, Pemerintah Kabupaten/Kota juga harus bekerja maksimal untuk mengeluarkan regulasi-regulasi terkait pencairan Dana Desa

Download Perbup Bireuen 2020, silahkan klik disini

Artikel ini dirangkum dari :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *