Contoh Surat Keterangan Domisili
Surat

Contoh Surat Keterangan Domisili

Contoh Surat Keterangan domisili biasa digunakan untuk pedoman dalam pembuatan surat domisili oleh operator desa, surat domisili biasanya dikeluarkan untuk yang belum memiliki kartu tanda penduduk (KTP), kehilangan KTP, atau KTP tidak sesuai alamat tinggal.

Surat keterangan domisili biasanya dibuat oleh mereka yang bekerja di luar domisili, tetapi pekerjaan mewajibkan pekerja untuk tinggal di lokasi tugas. Untuk membuktikan bahwa pekerja/karyawan benar-benar berada dan tinggal di lokasi tugas, karyawan/pekerja diwajibkan untuk membuktikan dengan surat keterangan domisili.

Selain untuk mereka yang terkait dengan urusan pekerjaan, terkadang surat keterangan domisili juga dibutuhkan oleh warga yang baru pindah dari satu desa ke desa yang lain, tetapi yang bersangkutan belum membuat kartu tanda penduduk dan kartu keluarga di desa yang baru ditempati.

Surat keterangan domisili bisa dibuat dengan format yang kami sajikan di bawah, tetapi bisa juga operator desa/Sekretaris Desa memodifikasi sesuai kebutuhan masing-masing warga desa, format ini tidak baku dan masih bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera masing-masing desa.

Surat ketarangan domisili ini dibuat oleh operator/sekdes/perangkat desa yang ditunjuk dan ditandatangani oleh Kepala Desa, setelah ditandangani, surat keterangan domisili kemudian di stempel dengan stempel Kepala Desa.

Kepala Desa bertanggung jawab penuh terhadap surat yang dikeluarkan, karenanya, Kepala Desa tidak boleh sembarangan mengeluarkan surat keterangan jika orang yang mengajukan pembuatan surat tidak berdomisili di desa tersebut, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, urusan akan sulit untuk diselesaikan.

Berikut kami sajikan contoh surat keterangan domisili, jika ingin file doc. Sobat desa bisa download di link yang kami lampirkan di akhir artikel ini.

PEMERINTAH KABUPATEN ………………………………..

DESA ………………………………………

Baca Juga :   Contoh Surat Pemberhentian Perangkat Desa Terbaru

KECAMATAN ………………………………..

 

SURAT KETERANGAN DOMISILI

Nomor :         /2020/GLP/XI/2020

Yang bertanda tangan dibawah ini, Kepala Desa Desa …………………………………… Kecamatan ……………………………….. Kabupaten ……………………………….., menerangkan dengan sebenarnya bahwa :

 

Nama                                : ……………………………………….

NIK                                  : ………………………………………

Jenis Kelamin                  : ………………………………………

Tempat/ Tanggal lahir     : ………………………………………

Agama                              : ………………………………………

Kewarganegaraan            : Indonesia

Pekerjaan                         : ………………………………………

Alamat Domisili              : Desa ………………………………………

  Kec……………………………….Kab……………………………….

Adalah benar penduduk Desa ………………… Kecamatan …………….. dan saat ini berdomisili di Desa ………………………. Kecamatan …………………………….. Kabupaten …………………………………

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan seperlunya.

……………………….., 08 November 2020

Kepala Desa ……………………………..

………………………………..

 

Demikian Contoh Surat Keterangan Domisili, jika bermanfaat silahkan dishare, jangan lupa bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Lihat contoh surat lainnya di CONTOH SURAT

DOWNLOAD CONTOH SURAT KETERANGAN DOMISILI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *