Contoh AD ART PERDES dan SK BUMDES
Administrasi Desa Ruang Desa

Contoh AD ART PERDES dan SK BUMDES

Contoh AD ART PERDES dan SK BUMDES. Menurut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUM DESA), adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Contoh AD ART PERDES dan SK BUMDES

Pendirian BUM Desa dimaksudkan sebagai upaya menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh Desa dan/atau kerja sama antar-Desa.

Pendirian BUM Desa bertujuan untuk:

  • a. meningkatkan perekonomian Desa;
  • b. mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa;
  • c. meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa;
  • d. mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga;
  • e. menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga;
  • f. membuka lapangan kerja;
  • g. meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan
  • h. meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa

Apa saja syarat untuk membuka buku rekening Bumdes di Bank? berdasarkan pengalaman penulis saat membuka rekening di Bank BRI (syarat mungkin berbeda untuk setiap bank) syarat yang diminta adalah sebagai berikut:

Untuk mendirikan Bumdes, Desa harus menyiapkan AD ART PERDES dan SK BUMDES, contoh dan formatnya bisa di download di link di bawah ini :

  1. Anggaran Dasar
  2. Anggaran Rumah Tangga
  3. Peraturan Desa
  4. SK

Demikian artikel tentang Penjelasan dan Contoh AD ART PERDES dan SK BUMDES, jika bermanfaat silahkan dishare, jangan lupa bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Lihat artikel menarik lainnya di RUANG DESA

Leave a Reply

Your email address will not be published.