Desa Cegah Corona
Kabar Desa

Cegah Corona, Warga Teupin Kupula Jeunieb Keliling Desa Baca Doa Tolak Bala

Desa Cegah Corona, Warga Teupin Kupula Jeunieb Keliling Desa Baca Doa Tolak Bala. Cegah Virus Covid-19 yang sedang mewabah, ratusan warga Desa Teupin Kupula Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen keliling desa bawa obor (suwa) serta membaca doa tolak bala (18/3/20) malam.

Didampingi Imum dan Keuchik Gampong, warga berjalan kaki dengan membawa obor mengelilingi seputaran jalan kawasan desa setempat. Disetiap persimpangan jalan warga berhenti dan mengumandang Azan

Desa Cegah Corona
Warga Desa Teupin Kupula Cegah Corona

“Kegiatan bersama ini merupakan hal yang dilakukan oleh orang tua kita dahulu, dalam rangka mencegah dan berharap kepada Allah agar terhindar dari segala penyakit maka kegiatan seperti ini perlu kita galakkan kembali, apalagi sekarang sedang merebaknya virus corona maka kita sangat butuh pada pertolongan Allah,” ujar Tgk Bahri Ismail, S.Sos salah satu pemuda desa setempat yang juga dewan guru Dayah Babussalam Al-Aziziyah Jeunieb Pimpinan Ayah Sop.

Tgk Bahri menjelaskan, tidak perlu khawatir terhadap virus corona karena corona juga mahkluk Allah. Kita sebagai orang beriman tentu sering diajarkan ada virus lain yang lebih bahaya dari corona ini yaitu ketika kita tidak lagi takut dengan dosa dan tidak malu dengan maksiat pada Allah SWT.

“Dalam rangka menghadapi corona ini, disamping kita berihktiar untuk menjaga diri dari musibah ini kita dituntut bertawakal kepada Allah karena semuanya akan selesai di saat kita mau berlindung dan mengharap pertolongan Allah,” jelas Tgk Bahri.

Tgk. Asmawar Nurdin, Keuchik Gampong Teupin Kupula mengatakan, Kegiatan ini dimulai dengan shalat magrib berjamaah, baca Yasin Fadhilat hingga shalat Insya berjamaah kemudian warga Desa Teupin Kupula Jeunieb melanjutkan dengan keliling desa serta membaca Wakulja dengan serentak yang merupakan salah satu doa tolak bala.

“InsyaAllah kegiatan ini akan berlangsung hingga 3 malam,” tambahnya.

Merupakan adat dan kepercayaan dari dulu orang Aceh, saat datangnya musibah yang mewabah maka setiap desa di Aceh setelah Magrib membaca Yasin dan selepas salat Insya mengelilingi desa dengan membawa obor serta membaca doa tolak bala. Hal ini juga dilakukan sekarang oleh Desa Teupin Kupula. (Ikram/dakwahsosial.com)

Sekian artikel Desa Cegah Corona, jika bermanfaat silahkan dishare, jangan lupa bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *