Tekno

Cara Menonaktifkan Fitur Auto Brightness di Windows 11

Cara Menonaktifkan Fitur Auto Brightness di Windows 11 — Auto Brightness adalah sebuah fitur pada windows untuk mengubah pencahayaan layar secara otomatis, layar pada perangkat akan secara otomatis terang dan redup menyesuaikan cahaya yang ada di sekitar.

Fitur ini selain mempermudah pengguna juga di klaim dapat mengoptimalkan penggunaan baterai, sehingga baterai tetap hemat dan memiliki umur panjang, namun tidak semua suka dengan fitur ini, terlebih jika usia perangkat sudah tua, sensor pada auto brightness beroprasi tidak menentu sehingga dapat mengganggu kenyamanan dalam bekerja.

Untuk kamu yang ingin menghilangkan fitur auto brightness ini caranya gampang kok, kamu tidak perlu khawatir lagi layar komputer/laptop kamu berubah secara otomatis, kamu bisa menyesuaikannya sendiri sesuai keinginanmu.

Untuk mengubah kontras layar komputer/laptop kamu secara manual bisa tekan Fn + F6 untuk lebih terang atau tekan Fn + F5 untuk layar yang lebih redup, tentunya tidak semua perangkat memiliki tombol pintasan yang sama, kamu bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kamu miliki.

Baiklah langsung saja kita bahas cara Menonaktifkan Fitur Auto Brightness di Windows 11, berikut langkah-langkahnya:

1. Klik kanan pada Logo Windows lalu pilih Settings

2. Pilih Sistem lalu klik Display

3. Hilangkan centang pada Change brightness automatically when lighting changes dan  Help improve battery by optimizing the content shown and brightness, jika Change brightness automatically when lighting changes tidak tampil di perangkat kamu, kamu cukup hilangkan centang di Help improve battery by optimizing the content shown and brightness.

4. Pada tahap ini layar tidak lagi berubah secara otomatis, langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa pengaturan agar kecerahan tetap tidak berubah ketika mode power dalam kondisi tertentu, keluar dari menu Display klik kembali di System lalu pilih Power & Battery

Baca Juga :   Menu Baru Desa Tekno Untuk Sahabat Desa

5. Terakhir nonaktifkan opsi Lower screen brightness when using battery saver

Demikian Cara Menonaktifkan Fitur Auto Brightness di Windows 11, semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Ayo bergabung di Halaman Media DesaMedia Desa agar tidak ketinggalan informasi menarik dari media desa.

Baca tutorial lainnya di menu TEKNO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *