Cara Cek Data Penerima BST Online
Kabar Desa

Cara Cek Data Penerima BST Online, Siapa Tahu Keluargamu Terdaftar

Cara Cek Data Penerima BST Online, Siapa Tau Keluargamu terdaftar sebagai penerima BST Kemensos. Simak cara cek datanya agar sobat desa mengetahui informasi siapa saja di desamu yang mendapat bantuan BST dari kemensos, mudah-mudahan keluarga sobat desa yang masih belum berkecukupan terdaftar sebagai penerima, untuk keluarga sobat desa yang sudah diberikan kemudahan rezki agar rezkinya berkat, juga ikhlas kepada sodara kita yang mendapat bantuan BST, tanpa iri dan mengajukan protes kepada kepala desa.

Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah bantuan yang bersumber dari Kementrian Sosial Republik Indonesia yang akan diberikan kepada masyarakat berdasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bantuan tersebut diberikan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 dan ditargetkan bagi keluarga yang tergolong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). 

Terdapat 2 jenis BST, yaitu BST reguler dan tambahan. BST reguler diberikan 2 periode, yakni: April-Juni 2020 sebesar Rp 600.000 per bulan Juli-Desember sebesar Rp 300.000 per bulan Dia mengatakan BST diberikan untuk 9 juta KPM yang bukan penerima PKH dan program kartu sembako melalui PT POS dan bank.

Ada BST tambahan yang hanya sekali transfer. Inilah yang diberikan sejak bulan September yang lalu, besarnya Rp 500.000 dan diberikan kepada penerima kartu sembako yang bukan penerima PKH

Untuk melihat apakah keluarga sobat desa terdaftar sebagai penerima manfaat BST kemensos, berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

1. Buka laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id atau KLIK DISINI

2. Pilih ID Kepesertaan yang diinginkan (lihat angka 1 di gambar).

Cara Cek Data Penerima BST
Pilih ID yang diinginkan

3. Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang dipilih (lihat angka 2 di gambar).

4. Masukkan Nama yang sesuai dengan ID yang dipilih (lihat angka 3 di gambar).

5. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak box captcha. (lihat angka 4 di gambar)

6. Klik “Cari”. (lihat angka 5 di gambar)

Lihat panduan gambar di bawah ini

Cara Cek Data Penerima BST Online
Cara Cek Data Penerima BST Online

Jika keluarga sobat desa termasuk penerima BST Kemensos dan data berhasil ditampilkan, maka akan muncul tampilan halaman seperti di bawah ini

BST Success
Hasil Pencarian Data Ditemukan

Sebaliknya Jika keluarga sobat desa tidak termasuk penerima BST Kemensos dan data berhasil ditampilkan, maka akan muncul tampilan halaman seperti di bawah ini

BST gagal
Hasil pencarian data gagal ditemukan

Demikian kabar tentang Cara Cek Data Penerima BST Online, Siapa Tahu Keluargamu Terdaftar, jika bermanfaat silahkan dishare. Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *