blt dana desa 2021
Ruang Desa

BLT Dana Desa Lanjut di 2021, Berapa Besarannya?

Apakah benar BLT Dana Desa Lanjut di 2021, Berapa Besarannya? baca artikel ini sampai selesai agar Sobat Desa mendapatkan manfaat dan informasi yang utuh dan benar.

Kementerian Desa PDTT telah mengeluarkan peraturan terkait Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021, yaitu Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Pada pasal 6 ayat (3) disebutkan bahwa Penggunaan Dana Desa untuk adaptasi kebiasaan baru Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (2) huruf c diprioritaskan untuk pencapaian SDGs Desa:
a. mewujudkan Desa sehat dan sejahtera melalui Desa Aman COVID-19; dan
b. mewujudkan Desa tanpa kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Jika kita perhatikan pasal 6 ayat (3) huruf b, jelas bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) dimasukkan dalam prioritas Dana Desa 2021, namun, tentu saja kita harus menunggu aturan lebih lanjut tentang berapa besaran yang boleh dianggarkan, lama waktu penyaluran, dan siapa saja yang termasuk kategori penerima.

Pertanyaan selanjutnya adalah jika benar BLT Dana Desa Lanjut di 2021, Berapa Besarannya? sampai saat ini belum ada regulasi resmi yang mengatur besaran dan durasi BLT Dana Desa di 2021, namun ada beberapa informasi yang admin dapatkan dari teman-teman penggiat desa.

1 . Info awal, 200 rb /KPM/bln dengan durasi 6 bulan.

2. Info kedua, bahwa ibu menkeu pada rapim tgl 28/12/2020 telah memutuskan bahwa BLT DD 200 rb/KPM/bln dengan durasi 12 bln.

3. Info terakhir, kami kembali mendapatkan update info bahwa hasil rapat koordinasi eselon 1, secara anggaran disepakati 300rb /KPM/bln dengan durasi 12 bulan dan akan dievaluasi setiap 3 bulan, dan nilainya disamakan dgn seluruh jenis jaring pengaman sosial (JPS) lain yg dikeluarkan pemerintah.

Baca Juga :   Surat Edaran KPK Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penggunaan DTKS dan Data Non-DTKS Dalam Pemberian Bantuan Sosial Ke Masyarakat

Demikian informasi yang kami dapatkan, namun untuk legalitas formal kita tetap menggunakan acuan regulasi resmi di Kementerian Keuangan, dan secara prinsip, kebijakan keberlanjutan BLT 2021 sudah disepakati bersama oleh seluruh kementerian terkait.

Demikian, jika bermanfaat silahkan dishare. Ayo bergabung dengan ribuan Penggiat Desa lainnya di Halaman Media Desa untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Desa dan meningkatkan pengetahuan terkait Desa dan Regulasinya.

Baca artikel menarik lainnya di RUANG DESA

One Reply to “BLT Dana Desa Lanjut di 2021, Berapa Besarannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *